Apa itu Litespeed, WordPress Toolkit, Imunify, Softcolus ?

Apa itu LiteSpeed Web Server?

LiteSpeed Web Server adalah web server yang mempunyai kinerja tinggi yang dikelola oleh teknologi LiteSpeed. Teknologi ini dapat menggantikan Apache Web Server tanpa harus mengubah konfigurasi, program, atau detail sistem operasi yang sudah ada, bahkan tanpa harus merusak apapun. Maka dari itu, LiteSpeed Web Server dapat dengan baik menambah kecepatan situs web dengan berbagai fitur yang lengkap serta dashboard administrasi webs yang mudah digunakan. LiteSpeed Web Server dapat membantu Anda untuk membangun infrastruktur situs web yang efektif dan handal.

  1. Fitur-fitur LiteSpeed
  • Server APIs

Apa itu LiteSpeed Server APIs?

LiteSpeed Web Server mendukung beberapa API server untuk melakukan komunikasi antara web server dengan aplikasi eksternal yang digunakan. Performa yang efisien dapat digunakan untuk aplikasi eksternal seperti PHP, Ruby, dan Python.

  • GZIP Compression

Fitur gzip compression ‘kompresi gzip’ pada LiteSpeed Web Server memungkinkan Anda untuk menghemat bandwidth dengan mengecilkan ukuran file yang dikirimkan kepada client.

  • Sistem Operasi

LiteSpeed Web Server dapat berjalan pada beberapa sistem operasi, seperti Linux, FreeBSD, Mac OSX, dan Solaris.

  • Konfigurasi File Apache

LiteSpeed Web Server sudah didesain untuk dapat menonaktifkan file httpd.conf dan .htaccess. Anda tidak perlu melakukan konfigurasi ulang ketika berpindah ke LiteSpeed. LiteSpeed Web Server dapat menggunakan pengaturan yang sudah Anda punya dan memprosesnya menggunakan event-driven architecture.

  • Control Panels

LiteSpeed Web Server bekerja baik dengan semua panel kontrol yang digunakan Apache. Dengan menggunakan plugin yang untuk cPanel, Plesk, dan DirectAdmin. Plugin ini memungkinkan Anda untuk mengontrol fungsi server adalah yang saat ini sudah ada dari panel. Mendukung Penuh .htaccess LiteSpeed Web Server membaca file .htaccess  secara otomatis, tetapi memprosesnya menggunakan sistem cache .htaccess.

  • Modul Apache

LiteSpeed Web Server kompatibel dengan semua core Apache modul, termasuk mod_rewrite, mod_security, mod_include, dan mod_cache.

  • SSL Acceleration

LiteSpeed Web Server menggunakan SSL acceleration untuk mengirimkan page HTTPS. Nah, Acceleration SSL adalah metode yang tiga kali lebih cepat dibandingkan dengan Apache.

  • Concurrent Connections

Apa itu LiteSpeed concurrent connections?

LiteSpeed Web Server menggunakan event-driven architecture memungkinkan server untuk melayani ratusan sampai dengan ribuan concurrent connections ‘koneksi serentak’. Di dalam perbandingan dengan Apache, di dalam Apache RAM akan habis lama sebelum dapat melayani koneksi serentak yang cukup banyak. Kinerja Tinggi Pada Konten Statis LiteSpeed Web Server event-driven architecture memungkinkan untuk mengelola permintaan statis lebih cepat dari Apache. Bahkan LiteSpeed mengklaim lebih cepat 10x pada trafik yang lebih tinggi.

  • Koneksi dan Pembatasan Bandwidth

LiteSpeed Web Server mempunyai koneksi per-IP, permintaan (request), dan bandwidth throttling. Menggunakan fitur kustom ini, IP yang membuat terlalu banyak koneksi dan permintaan atau meminta terlalu banyak bandwith akan terkunci dan menghentikan penyerang sebelum mereka masuk ke server.

  • Kompatibel Dengan CageFS

Teknologi LiteSpeed terhubung dengan CloudLinux, sehingga mendukung sistem operasi yang banyak digunakan di dalam industri shared hosting.

  • Proteksi Brute Force untuk wp-login.php

Selama penyerang menggunakan brute force, mereka mencoba untuk mendapatkan akses ke dalam situs web menggunakan username dan password secara acak dan berulang. Ini mencakup sistem yang menggunakan WordPress shared hosting dengan serangan brute force yang sangat besar. Seperti penyerang yang terkadang menargetkan wp-login.php dan halaman xmlrpc.php melalui POST dan berpotensi membuat server down atau overload.

  • Apa keunggulan dari Litespeed Web Server?

Setelah mengulas apa itu LiteSpeedan dan fitur-fiturnya, secara garis besar, ada beberapa keunggulan LiteSpeed Web Server.

  • Apache Compatibility

LiteSpeed Web Server kompatibel dengan Apache Web Server saat ini ada beserta beberapa fiturnya seperti mod_rewrite, .htaccesss, dan mod_security. LIteSpeed Web Server dapat memuat file konfigurasi Apache dan bekerja sebagai pengganti Apache. LiteSpeed juga kompatibel dengan beberapa panel kontrol hosting yang saat ini banyak digunakan seperti cPanel, Plesk, dan DirectAdmin.

  • Performance & Scalability

LiteSpeed Web Server meningkatkan performa dan skalabilitas dari platform hosting melalui keunikan event-driven architecture. Arsitektur ini mempunyai kemampuan untuk melayani ratusan bahkan ribuan klien secara simultan dengan penggunaan sumber daya yang seminimal mungkin. Pengembangan yang dilakukan oleh LiteSpeed dapat meningkatkan performa PHP dan menjalankan situs web statis lebih cepat dibandingkan dengan Apache. LiteSpeed memiliki kemampuan menangani lonjakan trafik yang tidak stabil dan membantu menangani DDOS.

  • Security

LiteSpeed Web Server kompatibel dengan fitur Apache mod_security dan kemampuan anti DDOS. Fitur lain yang kompatibel dengan LiteSpeed seperti koneksi per-IP, permintaan (request), dan bandwidth throttling ‘perlambatan bandwidth’. Pada LiteSpeed, IP yang menggunakan terlalu banyak koneksi dan permintaan atau meminta terlalu banyak bandwidth diblokir, menghentikan penyerang sebelum masuk ke dalam sistem server.

  • Ease of Use

Dukungan untuk kontrol panel yang populer di dunia seperti cPanel (WHM)Plesk, dan DirectAdmin yang dapat digunakan untuk melakukan instalasi, manajemen versi, restart LiteSpeed Web Server, dan mengganti antara LiteSpeed dengan Apache dengan mudah.

  • CloudLinux Compatibility

Selain dukungan terhadap kontrol panel populer, LiteSpeed juga mendukung sistem operasi yang paling populer digunakan untuk share hosting, yaitu CloudLinux. Dukungan ini tentu saja membuat LIteSpeed dapat berjalan maksimal ketika penyedia share hosting menggunakan CloudLinux sebagai sistem operasinya.

  1. Apa itu WordPress Toolkit?

WordPress Toolkit adalah sebuah tools interface yang berfungsi untuk mengelola CMS WordPress. Pada fitur ini, Anda bisa melakukan instalasi, konfigurasi, kelola theme dan plugin, melakukan backup hingga konfigurasi keamanan. Tidak hanya satu website, fitur ini memungkinkan Anda untuk mengelola beberapa website sekaligus, menjadikannya lebih praktis dan menghemat waktu untuk mengelola CMS WordPress. 

  • Mengenal Fitur WordPress Toolkit cPanel

cPanel melengkapi WordPress Toolkit dengan berbagai fitur seperti instalasi, kelola theme dan plugin, backup data, cloning website hingga staging. Berikut adalah beberapa fitur andalan dari WP Toolkit :

Instalasi Hanya dengan dua kali klik, Anda sudah bisa membuat website dengan WordPress. Proses instalasinya pun sangat mudah, cukup klik tombol instalasi, lalu sesuaikan data website Anda dan klik “install” untuk menyelesaikannya. Sangat mudah dan praktis.

  • Keamanan

WordPress Toolkit secara otomatis menerapkan semua langkah keamanan penting, pada saat Anda melakukan instalasi WordPress melalui fitur ini. Seperti restricts access to files dan direktori, menggunakan user dan password yang kuat hingga block directory browsing. Namun, untuk keamanan yang sifatnya tidak terlalu urgent, Anda bisa mengaktifkannya secara manual melalui fitur WordPress security.

  • Kelola Theme dan Plugin

Jika sebelumnya instalasi theme dan plugin harus dilakukan dari panel dashboard admin, kini hal tersebut bisa dilakukan melalui WP Toolkit. Tidak hanya install, Anda juga bisa meng-upload, menghapus hingga mengubah status plugin dan theme-nya sesuai dengan kebutuhan.

  • Backup/Restore

WordPress Toolkit dilengkapi dengan fitur backup dan restore, sehingga akan memudahkan proses pembuatan backup pada website. Dengan fitur ini, keamanan website Anda akan lebih terjaga dari kendala error pada website hingga tidak sengaja melakukan penghapusan data di dalam website.

  • Clone

Fitur ini memungkinkan Anda memiliki beberapa website dengan domain yang berbeda. Anda bisa melakukan cloning, dari satu domain ke domain atau subdomain yang lainnya secara praktis.

  • Staging

Fitur staging digunakan untuk melakukan perubahan desain pada website tanpa harus mengubah tampilan utama yang sedang berjalan. Setelah pembuatan web staging selesai, Anda bisa melakukan push di domain utama agar tampilan website-nya menyesuaikan dengan web staging yang telah dibuat.  WordPress Toolkit cPanel. Versi WordPress Toolkit cPanel membedakan WordPress Toolkit menjadi dua, yaitu Lite (gratis) dan Deluxe (berbayar). Keduanya memiliki perbedaan dari sisi fitur. 

  1. WordPress Toolkit Lite

Merupakan versi gratis yang akan sepenuhnya hadir pada cPanel versi 92. Fitur ini bisa langsung dimanfaatkan pada cPanel hosting. 

  • Kelola admin dan password database 
  • Tombol search engine indexing
  • Kelola plugin dan themes 
  • Tombol login ke dashboard
  • Fitur keamanan standar otomatis WordPress Toolkit Deluxe

  • WordPress Toolkit Deluxe
    Semua fitur yang ada di versi Lite, tersedia juga pada versi Deluxe. Ada beberapa fitur tambahan yang bisa Anda gunakan, seperti:
  • Fitur Staging dan Clone
  • Manajemen Plugin dan Theme
  • Smart update dan Multisite Automatic
  1. Apa itu Imunify ?

Imunify adalah salah satu platform keamanan server dari Cloudlinux yang di optimalkan untuk menangani serangakan keamanan pada web server berbasis linux seperti malware maupun DDoS. Aplikasi Imunify dibekali dengan sistem kecerdasan buatan dan terintegrasi dengan ModSecurity sehingga mampu mendeteksi serangan lebih dini dan meminimalisir terjadinya kerusakan pada data yang berada di dalam server.

Imunify menyediakan beberapa product baik yang free maupun berbayar, yang tentunya memiliki fitur berbeda-beda. Untuk penjelasan produk dan fiturnya, simak daftar berikut ini.

  • Jenis dan Fitur Imunify

Seperti yang dijelaskan diatas, imunifiy memiliki beberapa produk berbeda-beda, tentunya setiap produk memiliki fitur yang berbeda-beda. Berikut informasi fitur dari masing-masing produk imunify.

  • ImunifyAV (Gratis)

ImunifyAV merupakan produk dari imunify yang bisa didapatkan secara gratis. Karena merupakan produk gratis, maka fitur yang dihadirkan juga minim, yaitu hanya dapat melakukan scanning file malware di server, sedangkan untuk pembersihan malware dilakukan secara manual.

  • ImunifyAV+ (Berbayar)

ImunifyAV+ merupakan versi premium (berbayar) dari ImunifyAV. Kelebihan ImunifyAV+ dibanding ImunifyAV adalah pada ImunifyAV+ bisa melakukan scanning dan pembersihan file malware yang terdeteksi di server.

  • Imunify360 (Berbayar)

Imunify360 merupakan produk terlengkap dari Imunify. Pada produk ini tidak hanya memiliki fitur malware scanner, namun juga memiliki fitur seperti firewall untuk mencegah terjadinya bruteforce atau DDoS. Berikut detail fitur yang disediakan Imunify360

1. Incident

Fitur ini menampilkan log ancaman yang ditangkap Imunify360 serta action yang dilakukan oleh sistem imunify360 terkait dengan ancaman tersebut.

2. Firewall

Fitur firewall pada imunify360 memungkinan untuk melakukan block pada IP yang dicurigai sebagai attacker ke server.

3. Malware Scanner

Fitur ini merupakan fitur utama dari imunify360, dimana fitur ini berfungsi untuk melakukan scanning dan pembersihan file malware di website.

4. Proactive Defense

fitur ini dapat mengenali ancaman dari malware, bahkan dari file yang tidak berhasil di scan oleh malware scanner. Fitur ini akan melakukan blokir terhadap file aneh yang berpotensi merusak data di server.

5. Reputation Management

Reputation Management pada imunify360 akan memudahkan anda dalam melakukan monitoring terkait adanya kemungkinan block pada domain-domain yang ada di server anda di layanan seperti SBL ataupun Google safe.

6. KernelCare

Fitur Kernelcare pada imunify360 akan melakukan pemeriksaan maupun update patch dan kernel tanpa harus melakukan reboot pada server anda, sehingga performa server tidak terganggu saat update dilakukan. Hal ini menjamin kernel yang digunakan di server anda akan selalu menggunakan kernel terupdate.

  1. Apa itu Softaculous?

Softaculous adalah auto installer yang ada di dalam panel hosting. Ia berfungsi untuk mempermudah user melakukan instalasi berbagai CMS (Content Management System). Dengan adanya Softaculous, user juga bisa melakukan instalasi aplikasi secara otomatis di mana user tidak perlu melakukan instalasi secara manual. 

  • Manfaat Softaculous

Softaculous memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya, yaitu dapat membantu mempermudah user untuk melakukan instalasi script atau aplikasi. Penjelasan lebih detail tentang manfaat Softaculous bisa Anda simak berikut ini. 

  • Mempermudah Pembuatan Website

Pembuatan website akan lebih mudah jika menggunakan Softaculous. Karena Anda tidak perlu manual seperti download file zip, membuat database dan kemudian upload file website.

  • Meningkatkan Efisiensi

Membangun situs web lebih cepat dapat menghemat biaya desain dan development web. Karena Softaculous memberikan banyak pilihan untuk pembuatan website, blog, toko online, forum dan lain-lain hanya dalam hitungan menit.

  • Praktis

Tanpa adanya web apps seperti Softaculous, Anda akan lebih banyak memakan waktu untuk pembuatan website atau pemasangan script lainnya. Karena, Anda harus melakukan konfigurasi dan upload secara manual. Dengan adanya Softaculous, Anda akan dipermudah karena Anda cukup melakukan satu klik saja aplikasi sudah terinstal.

  • Keunggulan Softaculous

Softaculous memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan auto installer lainnya. Dikutip dari Softaculous Apps Installer, Softaculous memiliki keunggulan yaitu:

1. Pilihan Aplikasi yang Lengkap

Softaculous memiliki banyak ragam aplikasi yang bisa Anda gunakan. Apabila Anda ingin membuat blog, maka Anda bisa menggunakan WordPressOpen Blog Serendipity dan sebagainya. Jika ingin membuat portal website, maka Anda bisa menginstall JoomlaDrupalMambo dan sebagainya2. Pilihan

2. Berbagai Bahasa

Softaculous juga menyediakan berbagai bahasa, Jadi buat Anda yang kurang bisa berbahasa Inggris, Softaculous menyediakan beberapa pilihan bahasa yang bisa ditentukan.

3. Fitur Search

Softaculous memiliki fitur search, yang akan mempermudah Anda dalam mencari aplikasi atau CMS yang ingin Anda gunakan.

4. Real Time Update

Softaculous akan memberikan aplikasi yang selalu ter-update. Mulai patch sampai update security. Anda juga bisa melakukan update via cron atau admin Softaculous.

5. Integrasi Kontrol Panel Hosting Lebih Mudah

Adanya Softaculous mempermudah integrasi ke kontrol panel hosting. Karena terdapat berbagai macam kontrol panel hosting seperti cPanelPleskH-sphereISPmanagerDirectAdminInterWorxCentOS Web PanelISPConfig dan Hosting Controller.

6. Auto Install Aplikasi

Dengan Softaculous Anda bisa melakukan Auto Installation dari beberapa scripts menggunakan WHMCS.

7. Auto Backup dan Auto Upgrade

Pada Softaculous terdapat fitur Backup dan Auto Upgrade sehingga dapat melakukan backup website dan Auto Upgrade dengan sekali klik.

8. Mempermudah Pembuatan Website

Dengan adanya Softaculous, membangun website menjadi lebih mudah dan cepat karena Anda tidak harus mengerti bahasa pemrograman. Tidak perlu melakukan instalasi manual seperti download file zip, membuat database dan kemudian upload file website.

Dengan Softaculous, semua proses instalasi akan secara otomatis. Kamu juga bisa membuat toko online dengan menggunakan beberapa aplikasi seperti Prestashop ataupun OpenCart.

9. Support HTTPS

Softaculous juga mendukung HTTPS, Anda bisa melakukan instalasi aplikasi atau CMS langsung pada domain yang memiliki protokol jenis HTTPS. Anda harus selalu gunakan protokol HTTPS agar proses transfer data lebih aman.

10. Review, dan Rating Dari User

Aplikasi Softaculous memiliki fitur Ratings, Review, dan Demo Aplikasi. Jadi sebelum Anda menentukan jenis aplikasi mana yang dipilih, Anda bisa melihat ratings dan review dari para penggunanya. Anda juga bisa mencoba aplikasi dengan fitur demo yang dimiliki oleh Softaculous.

11. Digunakan oleh Ribuan Web Hosting

Softaculous digunakan oleh ribuan web hosting di dunia karena kehadiran Softaculous yang dapat mempermudah user khususnya pemula dalam membuat website secara instan.

Leave a Comment