Belajar cPanel

Apa Itu cPanel ?

cPanel adalah panel kontrol yang digunakan untuk melakukan pengaturan pada layanan hosting seperti manajemen file, database, domain, security, software dan konfigurasi lainnya. Tanpa cPanel, pengaturan web hosting hanya bisa dilakukan melalui perintah teks. cPanel memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai macam konfigurasi melalui tampilan user interface yang menarik dan mudah dioperasikan.

cPanel biasanya dipasang pada Dedicated Server atau Virtual Private Server (VPS) yang menggunakan sistem operasi Linux, FreeBSD, dan sejenisnya. Aplikasi-aplikasi yang didukung cPanel meliputi Apache, PHP, mySQL, Postgres, Perl, Python, and BIND, dengan email seperti POP3, IMAP, layanan-layanan SMTP.

 

    • Mengelola Domain

Add on domain :

Add on domain adalah domain lain atau selain domain utama yg bisa ditambahkan dalam cpanel untuk menngunakan beberapa domain dalam satu hosting

Subdomain :

Subdomain adalah untuk membuat halaman lain sesuai dengan kebutuhan

Setting DNS :

Setting DNS berfungsi memudahkan siapapun untuk mengingat alamat website.

Redirect domain :

Redirect domain berfungsi  untuk mengarahkan domain ke link atau URL tertentu

 

    • Mengelola Email

Add email :

Add email berfungsi untuk mendapatkan ruang penyimpanan yang jauh lebih banyak.

Forward email :

Forward email  berfungsi untuk meneruskan email yang Anda terima ke email lain yang Anda inginkan.

 

    • Mengelola Website

File Manager :

File Manager berfungsi untuk mengatur file pada website seperti upload file, edit dan lain-lain

FTP Acount :

FTP Acount adalah adalah akun yang dipakai untuk melakukan transfer file dalam jumlah banyak dan besar

 

    • Mengelola Database

-MySQL Databases : dengan fitur ini, bisa membuat databse, user, & mengatur hak akses dari setiap user. tipe data yang disupport adalah MySQL.

– PhpMyAdmin : Jka fitur MySQL Database berfungsi menciptakan database, maka fitur phpMyAdmin berfungsi untuk edit tabel database.

– Remote MySQL : Di sini, kita bisa akses databse tanpa login ke cPanel. Pertama kita whtelist dulu IP komputer kita melalui fitur Rmote MySQL, Kemudian kita bisa memanfaatkan third party program seperti HeidiSQL, Navicat, MySQL GUI tools, dan sejenisnya untuk remote.

 

    • Install Aplikasi melalui softaculous

-Softaculous : Fitur ini anda bisa menginstall berbagai aplikasi seperti wordpress, joomla, drupal, dan aplikasi lainnya.

 

    • Backup dan Restore

-Backup Wizard : yang tersedia di fitur cpanel memudahkan kita untuk backup file secara pribadi jika sewaktu waktu ada perubahan dengan website dan kita mengalami file configurasi yang hilang ataupun terkena hack kita bisa restore dengan file backup an yang kita buat sendiri.

 

    • SSL di WordPress

-Let’s Encrypt : adalah organisasi non-profit baru dari Linux Foundation yang menyediakan SSL gratis untuk semua pemilik website. Let’s Encrypt SSL gratis dan menawarkan perlindungan enkripsi standard, tapi tanpa warranty seperti SSL Certificates komersial dari RapidSSL, GeoTrust, Thawte dan Symantec.

-SSL / TLS Manager : kamu bisa generate key yang diperlukan untuk mengaktifkan protokol HTTPS terhadap website anda. Sebelumnya, anda harus membeli sertifikat SSL dulu pada provider kepercayaan anda.’

 

Leave a Comment